Selasa, 08 Januari 2013

Cara Hidup Mandiri


Ayo siapa yang  hidupnya   sering bergantung pada orang tua,,, apakah anda??? semua orang sering bergantung pada orang tuanya, tapi jangan terlalu melebihi batas, artinya pada hal hal yang terkecil saja kamu masih bergantung pada orang tua.. contohnya, disaat kamu menginginkan sesuatu ada dua pilihan.
macam pilihan suatu barang yang menurut kamu sangat bagus hingga kamu bingung untuk memilih keduanya, namun karna kamu tidak mempunyai pendirian teguh, kamu meminta bantuan untuk kepada orang tua mu untuk memilih diantara keduanya, ingat bahwa selera kamu dan orang tua itu tidak selalu sama, jadi alangkah baiknya jika kamu memilih  menurut pilihan kamu sendiri.
Saya sangat ingin hidup mandiri lepas dari orang tua seperti teman-teman saya yang orang tuanya tinggal di luar kota. Tetapi masalahnya, orang tua saya tidak mengizinkan karena menurut mereka saya belum siap. Bagaimana ya, teman-teman supaya orang tua saya yakin saya sudah cukup dewasa dan mampu hidup mandiri?
Selama kita berada di bawah kendali orang tua kita, itu berarti kita masih termasuk kategori orang yang belum mandiri. Baik orang yang belum menikah maupun yang sudah menikah sama-sama bisa dikatakan belum mandiri, Apabila terlalu banyak bergantung pada orang tua. Hidup mandiri adalah sesuatu yang memerlukan kesiapan fisik dan mental.
Namun, cepat atau lambat, mau tidak mau, pada saatnya nanti, setiap orang harus menjalani kehidupan yang mandiri. Orang yang memaksakan diri hidup mandiri bisa mengalami tekanan jiwa karena banyak hal yang harus dilakukan dengan baik saat hidup mandiri. Akan jauh lebih berat jika menanggung beban di luar diri sendiri.
Persyaratan bagi orang yang ingin hidup mandiri tanpa menggantungkan diri pada orang tua di antaranya sebagai berikut…..
1. Memiliki penghasilan jangka panjang yang cukup untuk hidup mandiri. 
2. Punya tempat tinggal sendiri dan mampu hidup pisah dengan orang tua. 
3. Mampu bersosialisasi dengan baik dengan orang-orang sekitar. 
4. Dewasa secara fisik dan mental serta bisa membedakan mana yang baik dan buruk. 
5. Menikah dengan seorang pria yang mapan dan mandiri (untuk wanita).
Tip untuk bisa hidup mandiri lepas dari bayang-bayang orang tua.
1. Cari pekerjaan yang mampu mencukupi berbagai kebutuhan hidup mandiri. 
2. Ubah sikap dan perilaku kita menjadi lebih dewasa dan baik. 
3. Yakinkan orang tua kita bahwa kita mampu hidup mandiri tanpa mereka di sisi kita. 
4. Cari tempat tinggal yang memiliki situasi dan kondisi yang baik. 
5. Uji coba hidup mandiri dan adaptasi dengan lingkungan di tempat yang baru. 
6. Utarakan keinginan kemandirian penuh kita pada orang tua.
  semoga bermamfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar